Mengasah Kreativitas dan Apresiasi Seni: Contoh Soal Seni Budaya Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013
Pendidikan seni budaya memegang peranan penting dalam membentuk karakter siswa, menumbuhkan apresiasi terhadap kekayaan budaya, serta mengembangkan kreativitas dan keterampilan ekspresi diri. Kurikulum 2013, khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), menekankan pada pendekatan saintifik dan aktif, di mana siswa didorong untuk belajar melalui pengalaman, observasi, dan refleksi.
Semester kedua kelas 7 merupakan lanjutan dari pengenalan dasar seni budaya yang telah dipelajari di semester sebelumnya. Materi yang disajikan biasanya mencakup lebih mendalam pada beberapa cabang seni seperti seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater, dengan fokus pada praktik, analisis karya, dan pemahaman konteks budaya.
Artikel ini akan menyajikan serangkaian contoh soal Seni Budaya Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa, merangsang pemikiran kritis, dan mendorong eksplorasi lebih lanjut dalam dunia seni. Soal-soal ini mencakup berbagai tipe, mulai dari pilihan ganda, esai singkat, hingga penugasan praktik sederhana, yang diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru dalam menyusun evaluasi dan bagi siswa dalam mempersiapkan diri.
Bagian 1: Seni Rupa – Menggali Keindahan Visual dan Konsep Berkarya
Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang paling akrab dengan kehidupan sehari-hari. Pada kelas 7 semester 2, materi seni rupa biasanya berfokus pada apresiasi karya seni rupa nusantara, teknik menggambar dan melukis, serta pengenalan ragam hias.
A. Pilihan Ganda
-
Seni rupa yang berasal dari daerah Betawi dan seringkali dijumpai pada ukiran atau kain adalah…
a. Batik Mega Mendung
b. Ukiran Jepara
c. Ornamen Ondel-Ondel
d. Lukisan Kamasan -
Teknik membuat gambar dengan cara menggoreskan pensil secara tipis dan berulang-ulang pada area tertentu untuk menciptakan efek gelap terang disebut…
a. Dussel
b. Arsir
c. Pointilis
d. Blok -
Unsur visual yang paling mendasar dalam seni rupa, yang memiliki panjang dan lebar, serta dapat membentuk garis, bidang, dan bentuk adalah…
a. Warna
b. Tekstur
c. Bentuk
d. Ruang -
Salah satu ciri khas seni rupa Wayang Kulit Purwa adalah penggunaan warna-warna cerah dan motif yang sangat detail. Seni rupa ini dapat dikategorikan sebagai seni rupa…
a. Modern
b. Kontemporer
c. Tradisional
d. Abstrak -
Dalam membuat sketsa, penggunaan pensil dengan tingkat kekerasan yang berbeda sangat penting. Pensil dengan kode "H" menunjukkan tingkat kekerasan…
a. Lunak
b. Sedang
c. Keras
d. Sangat lunak
B. Esai Singkat
- Jelaskan perbedaan mendasar antara teknik menggambar arsir dan teknik menggambar dussel! Berikan contoh penggunaan masing-masing teknik untuk menggambarkan objek!
- Mengapa apresiasi terhadap karya seni rupa nusantara penting bagi generasi muda? Sebutkan setidaknya dua alasan!
- Apa yang dimaksud dengan ragam hias geometris? Berikan contoh penerapan ragam hias geometris pada benda-benda di sekitar kita!
- Jelaskan langkah-langkah dasar dalam membuat sketsa sebuah objek sederhana, misalnya buah apel!
- Identifikasikan dua unsur seni rupa yang paling dominan dalam sebuah lukisan pemandangan alam, dan jelaskan peran masing-masing unsur tersebut dalam menciptakan kesan visual!
C. Penugasan Praktik Sederhana
- Buatlah sebuah sketsa sederhana dari objek benda favoritmu di rumah. Gunakan teknik arsir untuk memberikan efek gelap terang pada sketsa tersebut. Perhatikan proporsi dan bentuk objek.
- Cari gambar atau foto motif batik dari salah satu daerah di Indonesia (misalnya batik Pekalongan atau batik Cirebon). Gambarlah ulang motif tersebut dengan menggunakan pensil, perhatikan detail dan keunikan motifnya.
Bagian 2: Seni Musik – Harmoni Nada dan Ekspresi Suara
Seni musik melibatkan kepekaan terhadap irama, melodi, harmoni, dan dinamika. Pada semester 2, siswa kelas 7 akan diperkenalkan pada berbagai jenis alat musik, teknik memainkan alat musik sederhana, dan apresiasi musik nusantara.
A. Pilihan Ganda
-
Nada dasar yang sering digunakan dalam musik tradisional Indonesia dan memiliki ciri khas melodi yang berulang adalah…
a. Diatonis
b. Pentatonis
c. Kromatis
d. Blues -
Alat musik tradisional dari Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipetik dan menghasilkan suara khas adalah…
a. Gamelan
b. Angklung
c. Sasando
d. Kendang -
Kekuatan atau kelembutan bunyi dalam sebuah musik disebut…
a. Tempo
b. Ritme
c. Dinamika
d. Melodi -
Sebuah kelompok musik yang terdiri dari berbagai alat musik tradisional Indonesia seperti gong, saron, gender, dan rebab disebut…
a. Orkestra
b. Band
c. Gamelan
d. Paduan Suara -
Nada yang terdengar lebih tinggi dibandingkan nada sebelumnya disebut nada…
a. Rendah
b. Tinggi
c. Sedang
d. Mayor
B. Esai Singkat
- Jelaskan perbedaan antara tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis! Berikan contoh penerapan masing-masing dalam musik!
- Mengapa alat musik Angklung dianggap sebagai warisan budaya Indonesia yang unik? Jelaskan cara memainkannya!
- Apa yang dimaksud dengan tempo dalam musik? Mengapa perubahan tempo dapat mempengaruhi nuansa sebuah lagu?
- Identifikasikan setidaknya tiga jenis alat musik yang umum ditemukan dalam ansambel gamelan! Jelaskan fungsi singkat masing-masing alat musik tersebut!
- Dengarkan sebuah lagu daerah dari Indonesia, lalu analisis unsur ritme dan melodi yang paling menonjol dalam lagu tersebut!
C. Penugasan Praktik Sederhana
- Jika tersedia alat musik sederhana (misalnya pianika, recorder, atau perkusi sederhana), cobalah memainkan sebuah melodi lagu daerah yang sederhana. Perhatikan ketepatan nada dan ritme.
- Dengarkan sebuah lagu daerah dari Indonesia. Buatlah catatan singkat mengenai kesanmu terhadap musik tersebut, terutama mengenai suasana yang ditimbulkan oleh melodi dan iramanya.
Bagian 3: Seni Tari – Gerak, Irama, dan Ekspresi Panggung
Seni tari adalah seni yang mengekspresikan emosi dan cerita melalui gerakan tubuh yang ritmis dan estetis. Pada kelas 7 semester 2, materi seni tari mencakup pengenalan unsur-unsari tari, jenis-jenis tari tradisional, dan praktik gerak dasar.
A. Pilihan Ganda
-
Gerakan tubuh yang dilakukan oleh penari untuk mengekspresikan perasaan atau menyampaikan cerita disebut…
a. Ritme
b. Melodi
c. Gerak Tari
d. Ekspresi -
Tari Saman berasal dari daerah…
a. Sumatera Barat
b. Aceh
c. Jawa Timur
d. Bali -
Unsur seni tari yang mengatur urutan gerakan dan hubungan antar gerakan dalam sebuah tarian adalah…
a. Ruang
b. Waktu
c. Tenaga
d. Properti -
Tari Pendet yang berasal dari Bali awalnya berfungsi sebagai tari…
a. Perang
b. Pergaulan
c. Ritual keagamaan
d. Pertunjukan -
Penggunaan properti seperti selendang atau kipas dalam tarian bertujuan untuk…
a. Memberikan variasi gerakan
b. Menambah keindahan visual
c. Memperjelas narasi tarian
d. Semua jawaban benar
B. Esai Singkat
- Jelaskan unsur ruang dalam seni tari! Bagaimana penari menggunakan ruang untuk menciptakan komposisi tari yang menarik?
- Mengapa tari Tari Saman dianggap sebagai tarian yang unik dan membutuhkan kekompakan tinggi? Jelaskan unsur kekompakan tersebut!
- Apa yang dimaksud dengan tenaga dalam seni tari? Berikan contoh bagaimana penggunaan tenaga yang berbeda dapat menciptakan karakter gerakan yang berbeda pula!
- Sebutkan dan jelaskan secara singkat dua jenis tari tradisional Indonesia yang kamu ketahui, selain Tari Saman dan Tari Pendet!
- Bagaimana unsur waktu berperan penting dalam sebuah tarian? Jelaskan kaitannya dengan tempo dan irama!
C. Penugasan Praktik Sederhana
- Pilihlah salah satu gerakan dasar tari tradisional yang kamu pelajari (misalnya gerakan tangan atau gerakan kaki). Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang dengan irama yang stabil. Rekam dirimu saat melakukan gerakan tersebut.
- Amati sebuah video tari tradisional Indonesia. Tuliskan pendapatmu mengenai kostum yang digunakan, musik pengiring, dan pesan yang ingin disampaikan melalui gerakan tarian tersebut.
Bagian 4: Seni Teater – Imajinasi dan Pertunjukan
Seni teater melibatkan seni peran, naskah, sutradara, dan elemen panggung lainnya. Pada kelas 7 semester 2, siswa akan diperkenalkan pada dasar-dasar seni peran, unsur-unsari teater, dan apresiasi pertunjukan teater sederhana.
A. Pilihan Ganda
-
Tokoh utama dalam sebuah cerita teater yang menjadi pusat perhatian penonton disebut…
a. Antagonis
b. Protagonis
c. Deuteragonis
d. Figuran -
Bagian dari dialog yang diucapkan oleh seorang tokoh dalam naskah teater disebut…
a. Narasi
b. Monolog
c. Dialog
d. Prolog -
Orang yang bertanggung jawab dalam memimpin seluruh jalannya sebuah pertunjukan teater adalah…
a. Penulis Naskah
b. Aktor
c. Sutradara
d. Penata Panggung -
Unsur yang menciptakan suasana dan mendukung cerita dalam pertunjukan teater, seperti pencahayaan dan dekorasi panggung, disebut…
a. Kostum
b. Tata Rias
c. Tata Panggung
d. Musik Pengiring -
Dalam seni teater, kemampuan untuk menyampaikan emosi dan karakter tokoh melalui ekspresi wajah, suara, dan gerakan tubuh disebut…
a. Akting
b. Narasi
c. Improvisasi
d. Vokal
B. Esai Singkat
- Jelaskan perbedaan antara peran protagonis dan antagonis dalam sebuah cerita teater! Berikan contoh tokoh yang biasa memerankan peran tersebut!
- Apa yang dimaksud dengan naskah teater? Mengapa naskah menjadi dasar penting dalam sebuah pertunjukan teater?
- Jelaskan peran sutradara dalam sebuah pementasan teater! Apa saja tugas-tugas utama yang diemban oleh sutradara?
- Sebutkan dan jelaskan secara singkat dua unsur pendukung dalam pertunjukan teater, selain dialog dan akting!
- Bagaimana ekspresi wajah dan intonasi suara seorang aktor dapat membantu penonton memahami emosi yang sedang dirasakan oleh tokoh yang diperankannya?
C. Penugasan Praktik Sederhana
- Pilihlah sebuah adegan pendek dari cerita sederhana (misalnya cerita rakyat). Cobalah memerankan salah satu tokoh dalam adegan tersebut dengan menggunakan ekspresi wajah dan intonasi suara yang sesuai. Rekam dirimu saat melakukan peran tersebut.
- Tontonlah sebuah cuplikan pertunjukan teater (misalnya di YouTube). Tuliskan pendapatmu mengenai akting para pemain, tata panggung, dan kostum yang digunakan.
Penutup
Contoh soal di atas dirancang untuk memberikan gambaran umum mengenai materi yang mungkin diujikan pada Seni Budaya Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013. Penting untuk diingat bahwa setiap sekolah dan guru mungkin memiliki penekanan materi yang sedikit berbeda.
Melalui pemahaman yang baik terhadap berbagai cabang seni, siswa tidak hanya diharapkan mampu menjawab soal-soal ujian, tetapi juga dapat menumbuhkan apresiasi mendalam terhadap kekayaan seni dan budaya bangsa, serta mengembangkan potensi kreatif mereka. Keterlibatan aktif dalam praktik seni, observasi karya, dan diskusi akan sangat membantu dalam menguasai materi ini secara komprehensif. Selamat belajar dan terus berkarya!